Tuesday, August 18, 2009

Pro Kontra Mengenai Atlantis


Atlantis sampai dengan hari ini keberadaanya belum bisa ditentukan dimana letak yang sebenarnya. Namun demikian, ada yang menarik setelah muncul buku setengah penelitian karya seorang warga negara Brazil yang bernama DOS SANTOS.
Sang penulis dengan berani mengumumkan bahwa Atlantis terletak di Benua Asia, Berada di daerah kawasan India memanjang sampai dengan daerah Nusantara yang kini dikenal dengan nama Indonesia.
Terlepas apakah penelitian yang dilakukan Dos Santos ini Valid dan didukung fakta ilmiah atau tidak, yang jelas keberadaan Atlantis dan nusantara semakin menarik untuk diteliti.
Bila kita merunut catatan catatan tentang sejarah sebelumnya, terdapat beberapa hubungan akan keterkaitan Nusantara dan Atlantis. setidaknya, ada bukti bukti kebudayaan yang cukup tinggi yang pernah mengakar di kawasan ini. Telah kita ketahui bersama bahwa India memiliki perjalanan Budaya yang cukup panjang ribuan tahun sebelum masehi kebudayaan di kawasan India telah tumbuh dengan pesat. Di Indonesia walaupun samapai denngan saat ini belum ada ahli yang telah berani secara lantang menyampaikan bahwa usia kebudayaan tinggi yang pernah ada di Nusantara menyamai usia kebudayaan tinggi di India, ada beberapa catatan kuno yang menerangkan tentang adanya interaksi kedua daerah antara Indonesia dan India. Bahkan dibeberapa catatan ada yang mencatat tentang bukti interaksi antara indonesia dengan Mesir ribuan tahun sebelum Masehi. (sejarah kota Barus/Tapanuli) Sejarah antara Sunda dengan Yunani (catatan Ptomeulus tentang Agyre yang dipercaya merupakan kawasan Pandeglang, Banten). Bahkan ahli sejarah pada masa dulu (P Wangsakerta), pun telah menyimpulkan sisa sisa kebudayaan tinggi Sunda masih bisa ditemukan pada awal abad 150 tahun sebelum Masehi,(Kerajaan Salakanagara).
Terlepas dengan masih kontroversinya tentang keberadaan Atlantis dan Nusantara hasil penelitian Dos Santos, beberapa pakar geologi sedikit demi sedikit telah menemukan bukti pendukung bahwa kawasan Nusantara pernah tenggelam akibat Banjir Raksasa. (dalam catatan Plato diterangkan bahwa Atlantis musnah disebabkan oleh Banjir raksasa).
Kita menunggu apakah Atlantis itu memang pernah ada, dimana dan kapan.......


3 comments:

Anonymous said...

Atlantis mah nu pandeuri. Rea hal ngunaan ki Sunda oge Atlantis anu sifatna nu kudu dikilungan pikeun kasaimbangan alam samemeh silturahim sadunya ngawujud. Warisan Peradaban Sunda lain alus, lain goreng jeung ngabogaan kode pikeun mukana nyaeta kaikhlasan pikeun silaturahim sadunya. Ku sabab kitu mending disebut gelo jeung diseungseurikeun dari pad kaceplosan ngaguar warisan karuhun anu sabenerna mah teung bheula, teuing engke. He... malah koordinat alat transportasina oge bisa dibuka lamun koncina eta ( silaturahim )bisa ngawujud.

Kisunda Ngalalana said...

sae pisan tah, manawi aya deui

Anonymous said...

Bandungan wae kanyataan nu aya ayeuna. Prediksi ngeunaan sejarah & peradaban baheula tangtos kedah nyambung sareng kanyataan di waktos engke. Bukti fisik nu t acan aya faktana (nu masih dipendem bumi) tiasa ujug-ujug t aya atanapi sabalikna, gumantung kaperyogian jalan carita nu dibutuhkeun ku manusa engke. Ulah geruh upami mendakan ipad/hape di jero fosil, kumargi bakal ngaleungit teras owah. Bahaya.Kedahna tiap bukti sejarah/prasejarah teras up to date disosialisasikeun ka masyarakat awam bari ku ahlina.

Post a Comment