Sunday, September 6, 2009

Trip To Ciptagelar Ciptarasa I



Perjalanan menggunakan kendaraan roda dua, dengan rute Bandung - Cililin - Gn halu - Sukanagara - Jampang tengah - Kiara dua - Pelabuhan Ratu - Margalaksana - Ciptarasa - Ciptagelar. Perjalanan ini dilakukan di awal bulan agustus

Perjalanan cukup melelahkan, terlebih start dari bandung jam 1 pagi dini hari.
Tujuan perjalanan ini adalah ngalalana ke daerah kidul sedikit ngulon. Rasa keingintahuan tentang daerah kidul dan kulon tak terbendung lagi. Banyak sejarah, legenda bahkan berbau mitos tentang keberadaan daerah kidul kulon ini.
Mulai dari keingintahuan tentang dimana keberadaan Salakanagara, yang cukup menghebohkan dunia kesejarahan sampai dengan keberadaan Ciptragelar yang penuh daya eksotis dan magis.
Alhamdulillah, kami akhirnya diberi kesempatan untuk menengok beberapa situs megalith yang luar biasa luas nya. Hal tersebut semakin menguatkan keberadaan budaya sunda yang cukup tua dan tinggi. Bahkan dibeberapa tempat di lokasi situs Tugu cengkuk kami menemukan sebuah komplek situs yang sangat luas (kurang lebih 4 Ha). Sayangnya belum ada keseriusan pemerintah didalam mengungkap mengenai keberadaan situs dan sejarah situs tersebut.
Sayangnya, kami harus mengubah rute perjalanan yang seharusnya melewati Surade karena ditengah perjalanan kami mengubah rute tersebut.
Kami sempat menginap beberapa hari kp adat yang terletak di ds Margalaksana yang secara adat masih merupakan bagian dari kampung adat Ciptagelar. Hospitallity khas sunda yang penuh keakraban, kami nikmati selama menginap disana.
Di Ciptagerlar kami merasa terhormat, ketika Abah Ugi meluangkan waktu selama beberapa jam untuk bersilahturahim, sekaligus berdiskusi mengenai sejarah sunda yang ada. Bahkan di akhir obrolan kami sempatkan berdiskusi tentang buku Dos santos yang terkenal dengan keberadaan Nusantara sebagai bagian Atlantis.
next Journey, adalah Ujung Genteng-Pandeglang dan Ujungkulon. Mudah mudahan, kami diberi umur dan kesehatan sehingga bisa melakukan perjalanan/ngalalana tatar sunda kembali.

Perjalanan selama 6 hari cukup memuaskan kami.....

Rombongan terdiri dari 5 sepeda motor:

1.enjebe
2.Mang endah
3.Broer
4.Uges
5.Ust.yayan


1 comment:

KOMMMET said...

Sae kang..mangga diantos deui kasumpinganana di Ciptagelar..

Post a Comment