Thursday, August 20, 2009

CENGKUK, SITUS MEGALITH TERBESAR ?





Cengkuk, Situs Terbesar di Indonesia
Temuan benda-benda peninggalan zaman megalitik dan peralatan yang diperkirakan buatan Dinasti Sung dan Ming ( Cina ) di situs Gunung Gede Cengkuk, Kampung Cengkuk, Desa Margalaksana, Kec. Cikakak, Kabupaten Sukabumi, terus berlanjut hingga saat ini. Namun temuan Situs Gunung Gede Cengkuk itu memerlukan penelitian budaya lebih komperhensif dengan evakuasi lahan yang luas.
" Upaya penelitian budaya dan perluasan ekskavasi akan terus ditindklanjuti untuk lebih jauh mengenai nilai-nilai budaya maupun asal-usul benda-benda. Karena temuan ini sedikitnya akan membuka tabir sejarah kerajaan Pajajaran di Jawa Barat, " Kata Kepla Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat, Budhyana, Senin (19/12).
Selama ini, ekskavasi yang dilakukan baru terbatas bagian permukaan dan arealnya terbagi dalam beberapa bagian. Benda yang ditemukan baru beberapa dari batu-batuan yang diperkirakan berasal dari zaman megalitik.
Terhadap temuan tersebut menurut Budhyana, pihaknya berencana menganggarkan dana pada tahun 2006 untuk ekskavasi lanjutan. " Diharapkan dengan anggaran yang tersedia dapat memenuhi dan menata kawasan Situs Cengkuk, terutama pengamanan benda-benda yang sangat bersejarah khawatirkan akan raib dicuri "

Sementara itu, berdasarkan hasil ekskavasi yang dilakukan akhir November hingga pertengahan Desember lalu, ditemukan Arca Dewa Shiwa, yang merupakan bagian dari temuan arca hasil ekskavasi tahun 1992. Temuan berlanjut dengan ditemukannya punden berundak terdiri dari tiga teras, gerabah dan keramik.
Berdasarkan hasil penelitian sementara, Arca Dewa Shiwa dan punden berundak merupakan peninggalan abad ke - 15 masa kerajaan Padjajaran. Sedangkan gerabah dan keramik diperkirakan berasal dari zaman Dinasti Sung dan Ming dari abad 12-15 Masehi.
Kepala Balai Kepurbakalaan dan Nilai Sejarah Tradisional Disbudpar Jabar, Drs. Prama Putra,M.M. mengatakan, temuan berupa arca, gerabah dan keramik awal Desember hingga pertengahan ini merupakan hasil ekskavasi tahap dua yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Seksi Musieum dan Benda Kepurbakalaan Kab. Sukabumi. Sementara temuan sebelumnya(tahap pertama) merupakan hasil ekskavasi Balai Arkeologi Bandung (Balar) yang dipimpin Drs. Lutfi,M.Hum., difasilitasi Balai Pengelolaan Kepurbakalaan, Sejarah dan Nilai Tradisional Disbudpar Jabar
Hingga saat ini, temuan hasil ekskavasi menyebar di areal seluas 4 hektare di Kamp. Cengkuk. "Namun, berdasarkan perkiraan luas lebih dari 4 hektare," ujarnya.
Situs cengkuk merupakan situs terbesar di Indonesia dan pertama kali ditemukan warga negara Belanda pada tahun 1883. Kemudian, dari tempat tidak jauh dari kawasan temuan pertama, tahun 1992, ditemukan sebuah patung. Temuan tersebut terus berlanjut pada Oktober 2005, yakni sebuah arca.
Sampai saat ini benda-benda yang ditemukan di situs Tugu Gede, Cengkuk, berupa Patung Dewa Shiwa berukuran 30 cm gerbah, dolmen, menhir berukuran 4 meter, yang diduga dijadikan tempat pemujaan. Candi perunggu berukuran mini, batu segi empat yang dijadikan tempat permanndian serta dakon, dan batu berlubang yang diperkirakan dijadikan penumbukan padi. Selain itu, ditemukan gambar lokasi peribadatan yang tertuang dalam batu besar.
Benda-benda peninggalan megalitik tersebut diperkirakan berusia ratusan ribu tahun, sebelum prasejarah. Batu dolmen diperkirakan digunakan untuk tempat penguburan, sementara batu besar yang berisi 10 lubang diperkirakan dijadikan untuk menumbuk padi.

Catatan diatas diambil beberapa tahun lalu untuk mengingatkan, bahwa ditahun 2005 ada tugas pemerintah yang belum tuntas dalam meneliti keberadaan situs tersebut.
Hasil pengamatan kami ditahun 2009 "tak ada perubahan sejak tahun 2005, selain dipasang pagar pembatas dengan luas kurang lebih 1 ha". sangat disesalkan........ kumaha yeuhhh ulah nyaring lamun geus dipaok baturrrr.............
(A-87)*** sumber Pikiran Rakyat tanggal 20 Desember 2005 (foto: pribadi 070809)

8 comments:

Richadiana Kartakusuma said...

kieu maksad abdi mah
situs2 anu kasebat tur katingalina TRADISI MEGALITIK komo nu aya di TATAR SUNDA ulah waka disebatkeun ti PRASEJARAH teu acan tangtos. Ieu aya sakedik cuplikan tina Artikel abdi, nya: " Selaras pemilihan dan penmpatan lahan lingkungan (ecological facto r= faktor ekologis) sebagian besar Kabuyutan Tatar Sunda menempati lahan gunung, bukit-bukit, atau dataran-dataran tinggi di lingkungan pegunungan; juga dekat aliran atau pertemuan sungai besar; bentuk dan konsep continuity, bangunan kabuyutan dilandasi kepercayaan yang dianut masyarakat dengan budaya Megalitik yakni penghormatan kepada leluhur. Lahan2 ekologis yang dipilih tersebut merupakan pusat atau sumber dan sarat dengan kandungan daya di dalam menunjang sarana kehidupan manusia, tidak hanya berlaku bagi bangunan suci juga hunian (sehari- hari)sekaligus mencerminkan landasan keyakinan yang berpokok PENGHORMATAN kepada leluhur (Rumuhun) yang diistilahkan dengan kata HIYANG.
cag heula
AMBU

Para pakar sependapat bahwa pengaruh India di Nusantara identik dengan hadirnya agama Hindu-Buda ditandai oleh sejumlah besar bangunan dengan latar keagamaannya itu, mengakibatkan kekunaan sejarah selalu diukur dan dinilai melalui penetrasi kebudayaan Hindu-Buda. Mengesankan seakan-akan seluruh masyarakat Nusantara memeluk Hindu-Buda padahal kenyataannya tidaklah demikian. Sarjana Belanda ahli Sunda C.M.Pleyte (cf. Danasasmita l975:37) menegaskan:

“Hinduisme i.e. Sivaism made its entry into the Pasundan but wether it ever became popular is rather doubtful, as not more about half a score of images belonging to the Sivaitic pantheon have been discovered, whilst such temples and monasteries as ain Middle and Eastern Java sought for in vain. It is fair to conclude therefore, that while a few of the native princes did perhaps adopt the foreign religion, the bulk of the population remained true to their original creed founded on animism and ancestor worship”.

Sejak awal Masyarakat Sunda akrab dengan kehidupan berladang dan identik dengan sebutan masyarakat peladang tidak memberi peluang subur untuk pertumbuhan kultur Hindu melainkan sebaliknya tradisi megalitiklah yang tetap bertahan sebagai esensi dari kehidupan spiritualnya. Leluhur (hiyang) adalah unsur pemujaan tertinggi yang mewarnai pusat-pusat keagamaan (kabuyutan) di Tatar Pasundan, Jawa Barat.

kisunda Ngalalana said...

hehe ambu sapagodos, mung memang tos latah basa basi urg media nerapkeun keucap prasejarah sok rada ngabingungkeun tah. pami ditelek telek mah prasejarah teh tina keucap Pra jeung Sajarah sanes kitu ambu?? heheh jigana sami leupat nya mbu.

kadua. ngeunaan konsep hindu sareung konsep ajaran sunda komo di bandingkeun sareng islam memang aya kemiripan plus perbedaan. e.g konsep Hyang dalam ajaran jati Sunda sama sama meneguhkan keyakinan bahwa Yang murbeng Alam ini ada dan hanya Satu. Hyang Batara Tunggal adalah kekuatan yang tunggal. kemudian konsep pembagian alam smesta dalam jati sunda ada 4 yaitu: Mayapada (bumi) Saptabuwana (tempat diatas bumi/langit? berlapis 7) dan ada diatas saptabuwana yang disebut Kahyangan tempat bersemayam hyang (ghaib?) dan dibawah bumi ada yang disebut saptapatala (neraka?) ada kemiripan kemiripan dalam keyakinan 3 hal diatas. tentunya, ini dalam konteks diskusi biasa hehehhe

Richadiana Kartakusuma said...

Leres tah adang, upami urang sikapna OPENMIND sanaos benten AGEMAN oge kanggo abdi mah saleresna teu janten masalah, da agama mah PRIVACY... mung abdi mah sok KEUHEUL kanu sok moyok agama nu lian, padahal mah ingeun2 we atuh sewang-sewangan.. da teu ngaganggu.

Sok geura cobian dianalisa OPOSISI BINNARY antawis agama SUNDA sareng nu sanes... da saleresna mah teu benten ... eta2 keneh... kitu2 keneh da agama mah gaduh TUJUAN UNIVERSAL ngan benten cara oge SESEBUTAN aliasa ISTILAH wae, ari ISTILAh tea apan larasna dina kabudayaan oge lingkungan pengalaman pengetahuan tea, lir ibarat CIRISABUMI - CARA SADESA...

perkawis FALSAFAH AJARAN SUNDA mah leubeut mung NYUMPUT DINU CAANG....

cag
AMBU

kisunda Ngalalana said...

ambu: nyeta atuh malah punten teu sakeudik para "ahli" oge sok rajeun keuna ku Sundaphobia (heheh istilah pribadi). Aya sababraha kandungan filsapat jati Sunda numutkeun sim kuring mah inti ajaran islam. Ajaran Dasakreta luhung pisan pan, malah numutkeun pamendak sim kuring mah dina penyebarana islam teh seueur pisan intrik anu saleresna teu sesuai sareung ajarana. Demak ngabantos cirebon dina mayunan pajajaran seueur pisan ngagunakeun siasat berbau konspirasi. Tapi sakali deui bilih aya anu ngaos komentar sim kuring, ieu diskusi sanes ageman pribadi sim kuring.

kisunda Ngalalana said...

wangsul deui kana topik posting anu diluhur, manawi aya gaduh informasi ngeunaan situs cengkuk. 1. kinten2 yuswa anu manjing keur eta situs saleresna anu mana? (naha SM atau M) saba aya katerangan anu tos dieksavasi mah rata2 M, tapi numutkeun pamendak sim kuring aya ciri ciri situs anu netelakeun yen eta Situs yuswana SM. 2. Dibandingkeun sareung Situs Gn Padang aya KAMIRIPAN boh dina bentuk atanapi tatanan situs (punten bilih lepat da kuring mah lain ahli), komo lamun aya anu tes karbon tina artifak mah. patarosana naha enya aya hubungana situs situs di jawa barat sareung situs stonehenge d Inggris. (eta hasil obrolan kuring sareung kuncen jeung sesepuh didinya) alah kaemutan jangji deuk nyumbang laptop heheheh

Richadiana Kartakusuma said...

oge upami leres eta Cengkuk di wewngkon Gunung Gede = apan disebatkeun dina BUJANGGA MANIK rehna Gunung gede teh = Gunung AGEUNG 'KABUYUTAN PAJAJARAN'
rada hemeng bet disebatkeun aya arca SIWA sagala naha leres kitu

kisunda Ngalalana said...

ambu, katawisna mah seueur temuan artefak ti berbagai zaman. terakhir kamari mah temuan artefak tina bahan perungu

Anonymous said...

punten, ngiluan, mung uing mah sanes ahli arkeologi, ngan mun ningal kana batu-na ditilik tina sisi seni rupa mah jigana dina kurun M atawa minimal ahir SM, tapi ari 100an rebu taun katukang mah sigana jauh teuing, sareng katingalna batu berlubang tea lain jang nutu pare, da deet pisan liangna, leuwih mungkin alat keur nangtukan patokan pananggalan bulan, hatur nuhun pisaan

Post a Comment